Tempo Edisi Khusus : Tragedi Mei 1998-2015 (Wiji Thukul)

DSC04650

Play your favorite album and read then feel🙂 (sumber : dok. pribadi)

“Hanya ada satu kata: lawan !” – Wiji Thukul

Dulu iseng mencari siapa itu Wiji Thukul di Google setelah melihat album Homicide, karena di album itu ada sepenggal kata dari puisinya yang menarik mencerminkan aksi perlawanan kepada pemerintah. Karena itu saat ada majalah Kompas 13-19 Mei 2013 edisi yang membahas khusus Tragedi Mei 1998 tentang Wiji Thukul langsung aku minat untuk membeli apalagi di dalamnya ada bonus kumpulan puisi Wiji Thukul. Tak boleh terlewatkan !! walaupun beli di kios kecil itu juga udah tinggal 1 & kertasnya lusuh.

Majalah ini membahas tentang Tragedi 1998 khususnya Wiji Thukul, dia seorang aktivis yang melawan rezim Orde Baru Suharto yang sedang diburu oleh pemerintah karena dianggap puisinya mennghasut para aktivis untuk melawan pemerintahan Orde Baru. Selain itu dibahas juga biografi & pelarian Wiji Thukul dari kota ke kota seperti Solo lalu ke Salatiga, Yogyakarta, Magelang, Jakarta, dan Kalimantan. Sambil bersembunyi, dia terus terlihat menentang Orde Baru, mengkoordinasi buruh hingga membuat plakat dan selebaran. Saat bom Tanah Tinggi pada 18 Januari 1998, para tentara semakin ganas memburu para aktivis karene mereka dianggap menyiapkan bom untuk Sidang Umum MPR pada maret tahun itu yang bakal memilih Suharto lagi. Tentara membentuk tim untuk menculik sejumlah aktivis, tim itubernama Tim Mawar. Setelah itu sejak Mei 1998, Wiji Thukul menghilang bersama belasan aktivis lainnya hanya 9 aktivis yang kabarnya dibebaskan. (Arif)

Yang ga sempet dapet Majalah Tempo Ed. Wiji Thukul karena diborong kopasus, sila download di sini beserta bonus kumpulan puisinya: (klik)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s